Thursday, April 1, 2010

LP, Shell pada Linux dan Jenis-Jenisnya

1. Apa yang anda ketahui tentang shell pada linux?
JAWAB:
Shell adalah program khusus yang digunakan sebagai interface antara user dengan kernel.
Lalu apa itu kernel??
Kernel merupakan inti suatu operating system. Secara sederhananya, kernel berfungsi sebagai penghubung antara hardware dengan software yang berjalan pada suatu operating sistem. Kernel di load ke memory saat booting dan berfungsi memanage system sampai system di shutdown.
Kembali ke masalah shell. Shell merupakan utilitas program yang berjalan saat user log on ke komputer. Shell mengijinkan user untuk berinteraksi dengan kernel dengan cara menginterpretasikan perintah yang diketikkan pada shell.

Ketika command diketikkan, shell bertanggung jawab untuk memparsing command line, meridirect,dan mengeksekusi command tersebut. Command-command yang diketikan bisa ditulis dalam suatu file (Script file) dengan memanfaatkan shell programing.

2.Sebutkan dan jelaskan macam-macam shell!
JAWAB
Macam-macam shell pada Unix
The Bourne shell (sh)
sh adalah shell standar Unix yang dibuat tahun 1979 oleh Stephen Bourne dari AT&T dengan memakai bahasa pemrograman Algol. sh terkenal karena sederhana, compact, and cepat. Kelemahannya adalah kurang interkatif seperti tidak ada history, aliasing, dan job control.
Default prompt shell sh adalah $ (dolar)

C shell (csh)
csh memiliki feature yang lebih lengkap dibandingkan sh. Shel ini dibuat tahun 1970an oleh Bill Joy dari University of California at Berkeley dengan menggunakan bahasa C.
Fitur yang terdapat dalam csh antara lain command-line history, aliasing, built-in arithmetic, filename completion, dan job control. Kelemahnnya adalah karena didesain untuk mesin skala besar dan memiliki banyak fitur maka shel ini cenderung lambat bila digunakan pada mesin kecil
Default prompt shell csh adalah % (persen)

Korn Shell (ksh)
Korn shell merupakan pengembangan dari bourne shell yang ditulis oleh David Korn dari AT&T pada pertengahan 1980an. Feature Korn shell antara lain editable history, aliases, functions, regular expression wildcards, built-in arithmetic, job control, coprocessing, dan special debugging.
Default prompt shell ksh adalah $ (dolar)

The GNU Bourne Again shell (bash)
Bash merupakan default shell Linux yang merupakan pengembangan dari bourne shell sehingga kompatibel juga di Unix. Shell ini dibuat pada tahun 1988 oleh Brian Fox dari FSF GNU. Fitur yang dimiliki bash antara lain interaktif, dapat membuat shortcut, bisa berwarna, dll.
Default Bash prompt adalah $ (dolar)

TC shell (tcsh)
TC shell merupakan prominent shell untuk Linux yang kompatibel juga di Unix. TC shell compatible dengan csh nya unix dan memiliki fitur yang paling lengkap. Oleh karena itulah shel ini menjadi shell faforitku. Fitu tersebut antara lain command-line editing (emacs dan vi), scrolling the history list, advanced filename, variable, and command completion, spelling correction, job scheduling, automatic locking and logout, time stamps in the history list, dll.
Default C shell prompt adalah > (the greater-than sign)

No comments: