Friday, June 1, 2012

Manajemen Sumber Daya Manusia - Quiz

1. Sebutkan pengertian manajemen SDM!
Manajemen SDM berkaitan dengan cara pengelolaan sumber daya insani, dalam organisasi dan lingkungan yang mempengaruhinya, agar mampu memberikan kontribusi secara optimal bagi pencapaian organisasi.

2. Sebutkan fungsi manajemen SDM & sebutkan masing-masing fungsi!
Manajemen SDM terdiri dari 2 fungsi, yaitu fungsi manajemen dan fungsi operasional.
FUNGSI MANAJEMEN terdidi dari:
a. Fungsi Perencanaan
b. Fungsi Pengorganisasian
c. Fungsi Pengarahan
d. Fungsi Pengkoordinasian
e. Fungsi Pengontrolan/Pengawasan

FUNGSI OPERASIONAL terdiri dari:
a. Fungsi Pengadaan
b. Fungsi Pengembangan
c. Fungsi Pengadaan
d. Fungsi Integrasi
e. Fungsi Pemeliharaan


3. Sebutkan & jelaskan kriteria informasi berkualitas!
Kriteria informasi berkualitas ada 5, yaitu:
a. Relevan: Informasi yang disediakan berhubungan dengan masalah penelitian SDM.
b. Akurat: Menunjukkan tingkat atau derajat ketepatan informasi yang diberikan.
c. Reliable: Informasi yang disediakan dapat diandalkan/dipercaya kebenarannya.
d. Valid: Informasi tersebut memiliki kekonsistenan.
e. Aktual: Informasi yang diberikan masih baru dan tidak ketinggalan zaman, sehingga masih sesuai dengan konteks waktu saat keputusan dibuat.


4. Sebutkan & jelaskan yang termasuk dalam subsistem penelitian SDM!
Yang termasuk dalam subsistem penelitian adalah:
a. Penelitian Suksesi (Succession Studies) dilakukan untuk mengidentifikasi orang-orang dalam perusahaan yang merupakan calon bagi posisi yang akan tersedia.
b. Analisa dan Evaluasi Jabatan (Job Analysis and Evaluation) mempelajari setiap jabatan dalam suatu area untuk menentukan lingkup dan mengidentifikasi pengetahuan dan keahlian yang diperlukan.
c. Penelitiah Keluhan (Grievance Studies) membuat tindak lanjut atas keluhan yang disampaikan pegawai untuk berbagai alasan.


5. Sebutkan & jelaskan poin-poin penting dalam proses rekruitmen!
Proses rekruitmen ada 4 yaitu:
a. Penyusunan stratei untuk merekrut: peran departemen SDM bertanggung jawab dalam menentukan kualifikasi-kualifikasi pekerjaan, bagaimana karyawan direkrut, di mana tempatnya dan kapan pelaksanaannya.
b. Pencarian pelamar-pelamar kerja: banyak/sedikit pelamar kerja dipengaruhi oleh usaha dari pihak perekrut untuk menginformasikan lowongan. Salah satu caranya adalah dengan membina hubungan yang baik dengan sekolah-sekolah atau universitas-universitas.
c. Penyaringan atau penyisihan pelamar-pelamar kerja yang tidak cocok: dalam proses ini memerlukan perhatian besar yang khusus untuk membendung diskualifikasi karena alasan yang tidak tepat.
d. Pembuatan kumpulan pelamar: kelompok pelamar yang sudah disaring merupakan kumpulan individu-individu yang telah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh perekrut dan merupakan kandidat yang layak untuk posisi yang dibutuhkan.


6. Apa yang dimaksud dengan database sistem informasi sumber daya manusia?

7. Apa saja yang termasuk dalam subsistem input?
a. Sub Sistem SIA (Sistem Informasi Akuntansi)
SIA menyediakan data akuntansi bagi HRIS sehingga database berisi gambaran yang lengkap dari sumber daya personil bail keuangan maupun non keuangan.

b. Sub Sistem Penelitian Sumber Daya Manusia.
Berfungsi untuk mengumpulkan data melalui proyek penelitian khusus.

c. Sub Sistem Intelijen Sumber Daya Manusia.
Berfungsi mengumpulkan data yang berhubungan dengan sumber daya manusia dari lingkungan perusahaan.


8. Apa saja yang termasuk dalam subsistem output?
Subsistem Perencanaan Angkatan Kerja
Subsistem Perekrutan
Subsistem Manajemen Angkatan Kerja
Subsistem Kompensasi
Subsistem Benefit
Subsistem Pelaporan Lingkungan


9. Sebutkan dan jelaskan teknik-teknik rekruitmen!
Teknik-teknik rekrutmen:
a. Sentralisasi: rekrutmen yang dipusatkan akan lebih sering dipakai karena lebih efisien dari segi biaya.
b. Desentralisasi: terjadi pada instansi-instansi yang relatif kecil karena kebutuhan rekrutmen terbatas.


10. Jelaskan pengertian dari:
Keahlian/Kompetensi:
Kompetensi merupakan salah satu syarat untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Suksesi:
1. Penggantian (Terutama di lingkungan pimpinan tertinggi negara) karena pewarisan.
2. Proses pergantian kepemimpinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Relokasi:
Relokasi/Rotasi pegawai merupakan pemindahan pegawai meliputi jabatan-jabatan yang berbeda-beda sehingga diharapkan memperoleh pengetahuan yang lebih luas dari bidang-bidang lain selain pekerjaan utamanya & bisa menghilangkan kejenuhan pegawai.

11. Sebutkan yang termasuk dalam intelijen SDM!
a. Intelijen Pemerintah.
Pemerintah menyediakan data dan informasi yang membantu perusahaan mengikuti berbagai peraturan ketenagakerjaan.

b. Intelijen Pemasok.
Pemasok mencakup perusahaan seperti perusahaan asuransi, yang memberikan tunjangan pegawai, dan lembaga penempatan lulusan universitas serta agen tenaga kerja yang berfungsi sebagai sumber pegawai baru.

c. Intelijen Serikat Pekerja.
Serikat pekerja memberikan data dan informasi yang digunakan dalam mengatur kontrak kerja antara serikat pekerja dan
perusahaan.

d. Intelijen Masyarakat Global.
Masyarakat global menyediakan informasi yang menjelaskan sumber daya lokal seperti perumahan, pendidikan, dan rekreasi.

e. Intelijen Masyarakat Keuangan.
Masyarakat keuangan memberikan data dan informasi ekonomi yang digunakan dalam perncanaan personil.

f. Intelijen Pesaing.


12. Besarnya kompensasi yang diberikan ditentukan oleh?
a. Harga/nilai pekerjaan
b. Sistem kompensasi yang diterapkan.
c. Faktor-faktor yang mempengaruhi kompensasi


13. Jelaskan pengertian dari:
Pelatihan:
Pelatihan adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan, pengalaman, ataupun perubahan sikap seorang individu.

Kinerja:
Kinerja adalah hasil seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu dalam melaksanakan tugas, seperti standar hasil kerja, target, atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama.

14. Sebutkan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM!
Manfaat Pelatihan:
- Menaingkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas.
- Mengurangi waktu belajar yang diperlukan setiap individu untuk mencapai standar kinerja yang dapat diterima.
- Menciptakan sikap, loyalitas, kerja sama yang lebih menguntungkan.
- Memenuhi persyaratan-persyaratan perencanaan SDM.
- Mengurangi jumlah dan biaya kecelakaan kerja.
- Membantu setiap individu dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka.

1 comment:

rahasia said...

mana jawabannya neh? :ngacir: